Beberapa permasalahan domain yang umum dan solusinya.

Di artikel ini, aku coba membahas beberapa hal tentang beberapa permasalahan domain dan bagaimana solusinya, untuk mengetahui masalah sebuah domain, aku cek pake situs domain checker online (ada banyak di internet).

Sebagai contoh, aku cek domain www.kedaicamilan.com melalui situs intodns, aku ketik di browser http://intodns.com/kedaicamilan.com, dari hasil checking tersebut ada beberapa masalah di domain kedaicamilan, diantaranya adalah :

  1. Missing nameservers reported by parent FAIL:
    The following nameservers are listed at your nameservers as nameservers for your domain, but are not listed at the parent nameservers (see RFC2181 5.4.1). You need to make sure that these nameservers are working.If they are not working ok, you may have problems! au.kotabatu.net
  2. Missing nameservers reported by your nameservers ERROR: One or more of the nameservers listed at the parent servers are not listed as NS records at your nameservers. The problem NS records are: kedaicamilan.com & ns1.kedaicamilan.com. This is listed as an ERROR because there are some cases where nasty problems can occur (if the TTLs vary from the NS records at the root servers and the NS records point to your own domain, for example).
  3. Different subnets WARNING: Not all of your nameservers are in different subnets
  4. Different autonomous systems WARNING: Single point of failure
  5. Stealth NS records sent Stealth NS records were sent: au.kotabatu.net
  6. SOA MNAME entry WARNING: SOA MNAME (au.kotabatu.net) is not listed as a primary nameserver at your parent nameserver!

Kedaicamilan ini ada diserver yang menggunakan hosting panel webmin/virtualmin, jadi bukan untuk hosting panel yang lain yah. Cara install webmin/virtualmin dapat dibaca di sini. Yuk kita kupas satu2 permasalahan yg ada diatas.

OK, klo dibaca masalah domain tersebut diatas kira2 artinya itu gini :

1. au.kotabatu.net terdaftar sebagai NS (nameserver) utk domain kedaicamilan di DNS records virtualmin, tapi tidak terdaftar di domain panel kedaicamilan di child nameserver, karena klo kita liat dari info yang diberikan intodns, kedaicamilan ini menggunakan NS kedaicamilan.com dan ns1.kedaicamilan.com (ada ketidak samaan), karena itu harus disamakan dulu antara virtualmin dan domain panel kedaicamilannya.

2. NS kedaicamilan yaitu kedaicamilan.com dan ns1.kedaicamilan.com di virtualmin tidak ada, seharusnya sama dengan di domain panel.

3. NS kedaicamilan.com dan ns1.kedaicamilan.com klo di cek IP nya ter-resolve ke IP yang sama, sebaiknya menggunakan NS yang berbeda lokasi geografisnya, untuk minimalisir klo ada yg down/network jelek.

4. Penyebabnya mirip2 sama yang no. 3

5. Di domain panel kedaicamilan, NS servernya mengarah ke kedaicamilan.com dan ns1.kedaicamilan.com, sementara di virtualmin ada NS yang mengarah ke au.kotabatu.net

6. Edit SOA, klo di virtualmin harus lewat ‘edit manually’, ganti au.kotabatu.net menjadi ns1.kotabatu.net

Solusinya (ini bkn satu2nya solusi), aku ganti NS di domain panel jadi ns1.kotabatu.net dan ns2.kotabatu.net (jadi tidak pake child name server lagi alias tidak pke kata2 kedaicamilan.com tp pake kotabatu.net), kemudian di virtualminnya aku buat NS records baru utk kedaicamilan yaitu ns1.kotabatu.net dan ns2.kotabatu.net.

Nah, sekarang coba diliat hasilnya di http://intodns.com/kedaicamilan.com apa masih ada yg error atau nggak, selamat mencoba πŸ™‚

Incoming search terms:

  • domein permasalah
  • permasalahan web dengan domain
work as freelancer - i’m a humanize human, a son, a father, a husband, who love coffee and cigarette, lazy and moody, entrepreneur, very easy to sleep, internet addict, bad designer, humorious, playing guitar, can’t singing & cooking, thin body, brown skin, smily, travelling & hiking, art & culture related, etc………

2 Comments

  1. sutopo

    March 15, 2015 at 10:25 pm

    selamat sore admin web, makasih infonya aku jadi banyak ilmu setelah mbaca baca tulisan nte yang di tulis di halaman situs ini. salam kenal dari sutopo

    • admin

      March 30, 2015 at 12:42 pm

      sama2 mas, mudah2an bermanfaat, salam kenal jg dari saya πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top