Memperbaiki table MySQL yang corrupted dengan myisamchk

Mungkin anda pernah mengalami kasus table di MySQL yang corrupted (rusak karena kebanyakan korupsi kali wkwkwk), salah satu cara memperbaikinya adalah dengan myisamchk, namun sebelum kita mulai mungkin perlu sedikit info tambahan (yg mungkin aja keliru krn ini menurut penafsiran saya aja dari baca sana sini).

MyISAM adalah jenis mysql, yg lainnya adalah InnoDB, sptnya myisam lebih cocok untuk data yg relatif lebih sedikit, tp keunggulannya lbh irit pemakaian memory & cpu, prestashop adalah contoh CMS Commerce yang harus pke innoDB, setidaknya 1-2 tahun yg lalu begitu waktu saya coba prestashop.

Ketika MySQL membuat table, ada 3 buah file yang terbentuk, yaitu :
*.frm (Format) untuk menyimpan table format
*.MYD (MyData) untuk menyimpan data di dalam table
*.MYI (MyIndex) untuk menyimpan index

Command berikut akan kita gunakan dari shell prompt, let’s do it 😀
1. Setelah menemukan folder yang berisi *.MYI dari website anda, langsung cari table yang rusak dengan myisamchk

# myisamchk *.MYI >> logfilekamu.txt

Semua hasil pemeriksaan table akan dimasukkan ke dalam file logfilekamu.txt baik table yang masih bagus ataupun yang rusak, tetapi yang rusak akan langsung ditampilkan ke prompt.
Jika keluar tulisan yang menandakan kalau ada table tertentu crashed (rusak) ataupun yg lainnya dan perlu diperbaiki (should fixed), lanjut langkah ke 2, klo ngga ada pesan apa2, berarti ga ada yg rusak, alhamdulillah….

2. untuk memperbaiki table yang rusak dengan command

# myisamchk -r nama_table_yang_rusak.MYI

Selesai deh, gampang yak heuehhuehue…

notes :
*Jika anda mendapat pesan “clients are using or haven’t closed the table properly” waktu perbaikan (langkah ke-2), matikan dulu server mysql nya
*Masih banyak command myisamchk yang lain, untuk menampilkannya

# myisamchk --help

Incoming search terms:

  • cara memperbaiki tabel di mysql
  • cara memperbaiki nama pada table mysql
  • cara memperbaiki tabel mysql
  • cara mengatasi date time tidak terbaca pada mysql
  • memperbaiki table mysql
  • pengertian MYI MYD FRM
  • tabel mysql hilang
work as freelance web developer - i’m a humanize human, a son, a father, a husband, who love coffee and cigarette, lazy and moody, entrepreneur, very easy to sleep, internet addict, bad designer, humorious, playing guitar, can’t singing & cooking, thin body, brown skin, smily, travelling & hiking, art & culture related, etc………

5 Comments

  1. eshasyarif

    November 25, 2013 at 3:30 am

    mau tanya nih.. berarti yang recover cuman yg ekstension MYI aja kan?? yang frm ama MYD ga usah kan??

  2. emsticker

    March 2, 2016 at 9:52 am

    Sebenarnya tabel itu rusak karena apa ya pentebabnya..

  3. emsticker

    March 3, 2016 at 1:43 am

    Thanks SOB…infonya…saya coba dulu ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top