Mengurangi ukuran file Mysql Bin

Mungkin ada yang pernah mengalami HDD spacenya banyak keisi oleh MySql, dan setelah ditelusuri ternyata penuh oleh file berextensi bin di dalam folder mysql, untuk mengurangi ukuran file MySql Bin contoh commandnya adalah

$ mysql -u root -p -e "PURGE BINARY LOGS BEFORE '2008-12-15 10:06:06';"

Command tersebut akan menghapus logs MySql sebelum tanggal dan jam sesuai input kita, gampang kan?

Itu tadi intinya, sekarang kembangannya, biar banyak tulisanku wkwkwk

Kasus ini terjadi di serverku yang pke LNMP dan beberapa kali error 502 Bad Gateway sewaktu mau buka web, setelah research (baca: gugling) kesana kemari akhirnya ketemu penyebabnya karena HDD Space available nya nol, alias penuh, mungkin si LNMP mo nulis log atau apa gt tp ngga bisa, akhirnya lahirlah si 502 ini πŸ˜€

Solusi sementara saya apus2in deh tuh file2 yang ga kepake, tapi kok gak krasa, gak nendang gt lah, paling2 dapet 500mb aja, 1 minggu kemudian penuh lagi, error lagi, capee dehh..

Dengan script sederhana yang saya dapetin dari mbah gugel untuk cek size folder dan isinya, akhirnya saya nemu klo separo HDD space itu diisi si mysql, dan terutama ada di ekstensi .bin, yang ternyata adalah log command2 yang pernah di execute si MySql, so i decided to purge it, clean and wash, tp kuatir dong klo langsung remove ntar sql nya erot, akhirnya cari2 cara yg aman utk cleaning gituan, dan ktemulah cmd tadi.

Begitu latar belakangnya, krn namanya latar belakang jadi saya tulis di belakang2, klo di awal berarti latar awal/depan kan yah? hihihihi…

segitu dulu lah nulisnya, paling2 backupan saya yg lg di transfer ke server backup udah selesai nih, have a nice good day all…

Incoming search terms:

  • mengkompres ukuran data mysql
work as freelancer - i’m a humanize human, a son, a father, a husband, who love coffee and cigarette, lazy and moody, entrepreneur, very easy to sleep, internet addict, bad designer, humorious, playing guitar, can’t singing & cooking, thin body, brown skin, smily, travelling & hiking, art & culture related, etc………

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top